Jumat, 24 Oktober 2008

Apakah Knowledge management ?

KM adalah suatu proses yang sistematis dan terintegrasi untuk mengkoordinasikan suatu organisasi yang mencakup aktifitas yang luas diantaranya: penciptaan (creating) , pemetaan (mapping) ,penyimpanan (storing) serta membagikan pengetahuan para individu atau kelompok untuk mencapai tujuan utama organisasi yang bersangkutan.

KM strategi haruslah secara langsung mengakomodasi dan mensuport proses inovasi suatu organisasi untuk menerapkan ketahanan dan penopang bagi perkembangan suatu perusahaan.

Beberapa kategori yang mengindentifikasikan KM yang paling terkenal terdapat 4 konsep:

Ø Knowledge hierarchy

Ø Information technology

Ø Knowledge based system

Ø Knowledge management life cycle


Aplikasi Knowledge Management Pada Perusahaan SIEMENS

SBS (Siemens Business Services) salah satu suplier IT solutions, bergerak dari konsultan dan outsourcing, yg telah berpengalaman cukup menggunakan aplikasi yang terbaik untuk infrastruktur IT-nya.yaitu Livelink yang menerapkan metode knowledge management pada keseluruhan proses bisnisnya. Livelink digunakan untuk proyek yang bervariasi , seperti pada project management dan dokumentasi. Siemens memiliki tim vitual konsultan yang juga menggunakan Livelink untuk melakukan pertukaran ilmu dan pengalaman dalam proyek. Mendefinisikan solusi dan mengumpulkan berbagai dokumen yang dibutuhkan.

Dengan Livelink, Siemens telah mencapai strategi dan tujuan :

Ø Pemangkasan biaya (Cost reduction)

Ø Peningkatan manfaat yang kompetitif (competitive advantage )

Ø Peningkatan kualitas (Quality improvement)

Ø Optimasi internal prosedur.

Ø Mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengakses informasi yang memiliki relevansi

Ø Percepatan proses bisnis (accelerated business processes)





Tidak ada komentar: