Selasa, 14 Mei 2013

Buku Petunjuk Kesehatan Ibu dan Anak (Boshi Techo)

Setiap ibu hamil di Jepang harus memiliki Buku Petunjuk Kesehatan Ibu dan anak yang biasa disebut dengan Boshi Techo. Buku tersebut bisa diambil di kantor pemda setempat (shiyakusho) . Karena baru 2 bulan tinggal di Jepang , saya masih belum tahu harus pergi kemana ^^;  ... , beruntung ada teman suami yang orang Jepang punya istri ibu rumah tangga juga , langsung deh saya minta tolong untuk di guide dimana tempat ambil buku tsb.


Sesampainya di Shiyakusho, saya harus mengisi beberapa form biodata , dari petugas setempat, awalnya diberi boshi techo versi jepang , (gambar paling kiri warna kuning) , alhasil setelah dilihat content nya huruf kanji semua ^^! , akhirnya saya request yang versi Indonesia apakah ada, ternyata harus nunggu 1 bulan lagi, jadi sementara pegang yang versi Jepang dulu, 1 bulan kemudian petugas health care datang ke apartemen untuk mengantarkan boshi techo versi Indonesia nya (gambar buku warna hijau) , sangat melayani sekali ya pemerintah daerah di Jepang .. andai di Jakarta juga begitu ^^!.

Selain boshi techo, saya juga mendapatkan "kupon" potongan biaya untuk kontrol kehamilan , jadi ibu hamil di Jepang juga mendapat fasilitas potongan harga yang diperbantukan oleh pemerintah daerah setempat.

Isi utama Buku catatan Kesehatan Ibu dan Anak
1. Hal-hal menyangkut kesehatan ibu
○ Data orang tua dan bukti laporan kelahiran
○ Kondisi kesehatan ibu hamil dan lain-lain (misal hasil cek lab (Urinalysis, blood test, ultrasonography etc)
○ Data pekerjaan dan lingkungan tempat tinggal ibu hamil
○ Tahap kemajuan kehamilan
○ Keadaan waktu dan sesudah persalinan
○ Catatan berat badan pada masa hamil dan sesudah persalinan
○ Keadaan gigi pada saat kehamilan dan sesudah persalinan
○ Catatan absensi kursus persiapan persalinan ibu(orang tua)

2. Hal-hal menyangkut kesehatan anak
○ Catatan orang tua dan pemeriksaan kesehatan(sejak lahir hingga umur 6 tahun)
○ Grafik pertumbuhan badan anak
○ Grafik tinggi dan berat badan anak
○ Catatan imunisasi
○ Catatan mengenai sakit yang diderita anak
○ Catatan pemeriksaan,perawatan dan pengobatan kesehatan gigi.

Oia , selain itu juga saya mendapat pin yang bisa di gantungkan di tas saya, yang gambar nya ibu dan anak (di gambar ada bulat warna pink) , dengan memakai pin tersebut saya lebih leluasa jika naik bus atau kereta menempati priority seat :D.

Tidak ada komentar: